Selasa, 24 Januari 2017

Review: Villa Dua Kamar di Aston Sentul

Sentul dan sekitarnya sepertinya mulai jadi areal yang jadi favorit para pemburu liburan kilat dari Jabodetabek, setelah Puncak yang mulai "asli-banget-serius-lo" macetnya. Bukannya mau jelek-jelekin daerah Puncak, tapi saya sih sekarang mikir tiga kali kalau harus liburan kesana, setelah liburan terakhir di Puncak tahun 2015 sukses nungguin dibukanya one-way arah turun Puncak sampai 3 jam. Ampun, dije!

Kenapa deh tiba-tiba ngomongin Sentul sang primadona destinasi liburan singkat? Karena saya punya geng sejak jaman kuliah yang (alhamdulillah) rutin liburan karena kami rajin menabung. Iyaaa, kami berlima nabung 100k setiap bulan untuk dipakai liburan, biasanya sih setahun sekali. Nah, selama ini, kami selalu liburan ke Bandung, padahal anggota geng (gengong!) yang tinggal di Jakarta (pinggir) yaitu saya dan Evita merasa iri dan pengen dong sekali-sekali liburan yang deket sama lokasi kami berdua. Akhirnya anggota geng basis Bandung, Nova, Neve (yang akhirnya absen ikut karena sedang nguber sidang thesis) dan Irien, setuju untuk liburan deket Jakarta. Balik lagi ke pertimbangan di awal, pilihan area liburan jatuh pada Sentul. Suasanya liburannya dapet dan tidak terlalu macet.

Pekerjaan rumah selanjutnya adalah mencari akomodasi yang asyik dan muat untuk ditinggali oleh total 6 dewasa dan 4 balita. Asyik menurut kami adalah punya kolam renang. Iya, karena anak-anak entah kenapa fetish banget sama kolam dan main air. So, biar aman dari bosan, harus cari akomodasi yang punya fasilitas kolam renang, kalau bisa villa dengan private pool supaya para emak nggak rempong nenteng balita dari kamar ke pool area :)

Dan berjumpalah kami dengan Aston Sentul yang ternyata punya vila 2 kamar yang bisa disewa! Ini kejutan sih buat saya, karena yang saya tahu, Aston hanya punya akomodasi dalam bentuk hotel, bukan vila. Tapi di Aston Sentul mereka menyewakan vila, dua kamar pula, dengan private pool juga! Uwooowww... saya dan temen-temen langsung jatuh hati dan berniat booking. Nah, proses bookingnya yang rada beda, nih dengan proses booking akomodasi liburan yang selama ini kami bisa lakukan hanya dengan klik. Khusus untuk vila dua kamar-nya, Aston Sentul hanya membuka pemesanan via telepon. Iya, rada rempong, hiks. Untungnya, pihak Aston Sentul sangat responsif terhadap telepon dan email dari saya. Jadi meminimalisir kerempongan, Kaks! :)

Kami menginap pada tanggal 17- 18 Desember 2016 di vila 2 kamar. Transportasi kesana menggunakan mobil pribadi dan to be honest saya enggak tahu gimana caranya kesana selain pakai kendaraan pribadi atau taksi :( Aston Sentul berada di kawasan Sentul City, jadi kalau kamu lewat tol Jagorawi, silahkan keluar di pintu tol Sentul City. Apakah macet? Iya. Macetnya biasa kok, menjelang pintu tol Cibubur aja. Selepas itu lancar dan aman terkendali.

Vila dua kamar Aston Sentul ini mempunyai 2 kamar tidur, 2 kamar mandi, kolam renang pribadi, whirpool, ruang TV/keluarga dan dapur simpel.

Kamar Tidur dan Kamar Mandi
Terdapat 2 kamar tidur, yaitu sebuah kamar tidur utama dengan kasur ukuran 180 dilengkapi dengan esuite bathroom dengan fasilitas bath tub dan connecting door menuju tepi kolam dan whirlpool serta sebuah kamar tidur tambahan dengan dua kasur single dan ensuite bathroom berfasilitas shower (tanpa bath tub). Tidak ada kamar mandi yang terletak di ruang keluarga/umum yaa, semua kamar mandi berada di dalam kamar tidur. Setiap kamar tidur dilengkapi televisi, jadi total televisi di vila ini ada 3, termasuk yang ada di ruang keluarga.

Kamar tidur utama menurut saya sangat luas. Dengan tambahan 2 extra bed (iyaaa satu kamar masih muat untuk 2 extra bed dan sama sekali nggak umpel-umpelan), bisa cukup untuk 5 dewasa dan 4 balita tidur dengan nyaman, karena ada 1 sofa bed yang pantes kok untuk dipakai tidur.

Karena masih tergolong bangunan baru, kamar tidur dan kamar mandi di vila ini masih sangat rapih dan bagus. Oiya, vila dilengkapi dengan hair dryer dan setrikaan (berikut mejanya!), jadi nggak perlu repot bawa dua barang ini, sih (iya, saya bawa setrikaan portable kemana-mana mostly buat setrika kerudung, hehehe).

Ruang Keluarga dan Dapur
Menurut mas-mas di Aston Sentul, ruang keluarga dan dapur di vila 2 kamar ini memang lebih sempit daripada di vila 1 kamar. Kenapa? Karena ternyata ukuran keseluruhan bangunan vila 1 kamar dan 2 kamar adalah sama. Jadi, minusnya vila 2 kamar adalah ruangan keluarga dan dapur yang lebih kecil karena dibagi dengan kamar kedua. Sedangkan untuk vila 1 kamar, ruang keluarga dan dapurnya lebih luas karena tidak ada kamar kedua. Begitu.

Tapi menurut saya sih, cukup kok ruang keluarga di vila 2 kamar. Ada sofa yang masih oke buat tidur walaupun sepertinya bukan sofa bed.

Dan yang cukup penting bagi ibu-ibu adalah: dapur! Dapur di vila Aston Sentul adalah dapur yang sufficient untuk memasak ringan dan menghangatkan makanan. Panci tidak tersedia, jadi harus request ke pantry. Kompornya adalah kompor listrik, cukup rame pas mau nyalain karena kami semua super gaptek. Hihihi. Kalau mau bawa alat masak sendiri berarti harus alat masak yang kompatibel untuk kompor listrik ya. Peralatan makan juga disediakan di dapur, hanya tidak begitu banyak, sepertinya cukup untuk empat orang saja (sesuai kapasitas original vila).

Sehubungan dengan dapur nih, saya dan temen-temen mengakali dengan bawa makan siang berupa lauk matang dan magic jar dari rumah. Sampai vila, masak nasi pakai magic jar dan menghangatkan masakan pakai microwave. Oiya, bawa piring, gelas dan sendok plastik juga. Jadii, bisa makan siang hemat di vila :)

Ah, vilanya juga mempunyai teras untuk duduk-duduk santai yang menghadap ke danau di belakang vila. Lumayan buat kumpul-kumpul keluarga di udara segar. Sayang, kurang fasilitas BBQ (boleh dong Aston, ditambahin, hehehe). Dan ternyataaa, dari teras ini ada connecting door ke vila sebelah, yang merupakan vila 1 kamar (vila disusun berpasangan, jadi vila 2 kamar selalu bersebelahan dengan vila 1 kamar). Nah, buat yang merasa kurang dengan 2 kamar, bisa pesen 2 vila dengan total 3 kamar tanpa perlu khawatir terpisah terlalu jauh sama rombongan lainnya.

Kolam Renang dan Whirlpool
Areal luar bangunan vila terdapat teras dengan meja makan yang menghadap ke kolam renang pribadi dan whirlpool. Air di kolam sama sekali enggak dingin, kok, meskipun posisi vila ada di daerah Sentul (nggak  tahu mesti seneng atau khawatir sama global warming hahaha). Sayangnya, kolam renang cukup dalam untuk anak-anak, kira-kira 1,2 meter begitu juga dengan whirlpoolnya, walaupun di dalam whirlpool ada undakan untuk duduk sehingga lebih cetek airnya, tapi tetap saja agak ngeri kalau anak-anak nggak pakai bantuan ban renang. Tapi jangan khawatir, masih ada bath tub untuk sarana main air anak-anak yang lebih aman dan bebas pegal bagi mamak dan bapaknya :)

Hiburan Lain
Selain kolam renang privat dan whirlpool, Aston Sentul menjagokan sebuah danau buatan yang berada persis di belakang vila dan menghadap ke gedung hotel. Jadi, kompleks vilanya terpisah dari gedung hotel. Penyewa vila jika ingin sarapan ke gedung hotel bisa menggunakan perahu yang disediakan di dermaga danau buatan kemudian menyebrang ke dermaga gedung hotel. Menarik banget sih idenya. Untuk penghuni vila, gratis biaya penyebrangan danau dengan menggunakan perahu, tapi kalau mau muter-muterin danau dikenakan biaya IDR30k/orang.

Di kompleks vila di hari Minggu juga terdapat pasar durian. Sayangnya saya enggak cobain, karena di antara kami semua enggak ada yang bisa memilih mana durian bagus dan kurang punya nyali untuk gambling.

Ada satu fasilitas yang sebetulnya bukan ditujukan untuk menghibur tamu, tapi buat saya dan Ishbir, anak saya, fasilitas ini seru banget, yaitu boogey car alias mobil golf yang digunakan untuk mengantar tamu vila dari lobby hotel ke kompleks vila. Jadi, ketika akan check ini, saya dan Evita beserta dua balita, Ishbir dan Reysa, mengurus keperluan check ini dan kemudian menuju vila menggunakan boogey car sementara suami saya dan temen-temen lain mengikuti di belakang menggunakan mobil. Seruuu :)

Boogey car yang anterin kita dari lobby hotel ke villa :)
Ini teras depan plus areal meja makan

Private pool dan whirlpool

Pulang sarapan dari gedung hotel pakai perahu ke dermaga kompleks vilaaa

Whirlpool :)
Kamar utama

Kasur di kamar utama

Pintu masuk vila langsung menuju areal ini

Whirlpool dan yang di pojok itu akses menuju kamar mandi di kamar utama

Kamar mandi di kamar kedua

Kamar kedua

Ruang keluarga dan pintu akses ke teras yang menghadap danau buatan
Overall, Aston Sentul memuaskan sih untuk liburan singkat, karena dekat, tidak terlalu macet dan komplit!

Telp. Aston Sentul 02129098888
Instagram Aston Sentul @astonsentul


Love,
Tita

1 komentar: